• HOME
  • Office
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Police
  • Payment
  • About
  • Disclaimer


  • Makanan Bergizi yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

    Makanan ibu hamil

    Makanan ibu hamil

    Bagi anda seorang ibu yang sedang hamil harus pintar-pintar dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena akan berpengaruh pada sang buah hati.  Dengan gizi yang seimbang maka sang ibu dan sang janin akan sehat. Lalu, bagaimana mengimbangi antara nafsu makan yang berkurang, pantangan yang begitu banyak, serta berapa pantas makanan yang masuk? Yang terpenting adalah memperhatikan asupan gizi. Makan yang banyak tanpa gizi juga tak akan membantu kesehatan ibu dan janin.

    Studi dari organisasi kesehatan dunia WHO menyebutkan, susu  memiliki faktor penting dalam membantu kesehatan janin dan ibu hamil. “Empat gelas susu per hari dapat mengurangi risiko serius pada wanita hamil,” sebut mereka. Juga didapatkan data, kalsium mampu memangkas risiko negatif pascamelahirkan hingga 24 persen. Lalu berapa banyak energi yang dibutuhkan selama kehamilan?

    Wanita yang tengah mengandung memerlukan 2.500 kalori per harinya. Sedang wanita menyusui memerlukan 3.000 kalori per harinya. Dalam proporsi, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 10 persen kalori  dari protein, 35 persen kalori dari lemak, dan 55 sumber kalori lainnya dari karbohidrat.

    Berikut jenis makanan yang baik untuk wanita hamil:

    Sayuran dan buah-buahan. Dalam satu hari wanita hamil dianjurkan banyak makan sayur-sayuran. Adapun porsi yang banyak digunakan adalah 3 kali untuk buah-buahan dalam sehari dan 4  kali sayur-mayur dalam sehari. Jenis buah  dan sayur yang terbaik untuk dikonsumsi antara lain stroberi, melon, lemon, jeruk, pepaya, tomat, kacang-kacangan, brokoli. Buah dan sayuran memberi vitamin, mineral, dan tambahan energi untuk wanita hamil.

    Whole grain. Banyak wanita hamil menghindari nasi. Cobalah beralih ke makanan dari whole grain, roti gandum, pasta, gandum, atau sereal. Karena dianjurkan makan sedikit demi sedikit, Anda bisa memakannya dalam 6 porsi sehari. Makanan jenis ini banyak mengandung zat besi, vitamin B, mineral, serta serat.

    Produk susu. Wanita hamil dianjurkan setidaknya memakan 4 porsi atau jenis makanan yang berasal dari produk susu. Adapun jenis yang baik adalah susu, keju, dan yoghurt. Semua jenis makanan ini mengandung vitamin A, B, D. Vitamin A sangat baik untuk memerangi infeksi dan masalah penglihatan, serta mengandung kasium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak kelak. Pada wanita hamil setidaknya dibutuhkan 1000 mg kalsium per hari.

    Protein. Wanita hamil punya keistimewaan dan harus mengonsumsi setidaknya 60 gram protein per hari. Adapun kandungan protein bisa diperoleh dari daging, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dll. Protein mengandung antibodi yang baik untuk ibu dan janinnya.

    Folic Acid. Asam folic dibutuhkan untuk membantu menyehatkan organ dalam seperti jantung pada proses kelahiran. Paling tidak dibutuhkan 400 mikrogram per harinya. Adapun sumber asam folic terbaik adalah buah-buahan macam jeruk, legume, dan bayam.

    Zat besi. Makanan kaya zat besi juga dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Perbanyak makan daging merah, roti, kacang hijau, dan sereal agar bisa meningkatkan kandungan besi dalam tubuh.




    Tinggalkan komentar

    You must be logged in to post a comment.